Tentang Trilogi Pencarian

Selamat datang di blog Trilogi Pencarian!

Blog ini dibuat untuk menampung segala sesuatu tentang novel Trilogi Pencarian, proyek trilogi yang dibuat oleh kolaborasi dua penulis, Eve Aulyta dan Yuu Sasih. Blog ini secara berkala akan kami isi dengan info-info terbaru mengenai pengerjaan novel kami maupun berita mengenai tanggal rilis dan kuis-kuis lainnya.

Apakah Trilogi Pencarian itu?

Trilogi Pencarian merupakan proyek trilogi bergenre Romance/Mystery LGBT (Lesbian Gay Bisexual Transgender) yang menceritakan tentang misteri sebuah keris tanpa sarung. Adapun tiga novel yang menyusun trilogi ini masing-masing berjudul Pencarian, Penyatuan, dan Pencapaian. Masing-masing buku akan terfokus pada hubungan tiga pasangan yang berbeda, meskipun kisah akan tetap bergulir di misteri yang sama.

Proyek ini dimulai pada tahun 2012. Setelah melewati masa pengonsepan dan penggodokan cerita selama tiga tahun, akhirnya pada Juni 2015 buku pertama trilogi ini, Pencarian, berhasil terbit di penerbit self-publishing Diandra Creative. Informasi tentang Pencarian bisa dibaca di laman ini.

Kenapa memilih untuk menulis tentang LGBT?

Ide awal sebenarnya datang dari Eve, yang mengatakan bahwa dia ingin membuat novel LGBT dengan setting yang murni Indonesia. Meskipun sebenarnya novel LGBT sudah lumayan terlihat peningkatan jumlahnya, dan bahkan penerbit major sudah menerbitkan beberapa novel bertema LGBT. Sayangnya, semuanya masih terfokus hanya pada genre Romance tanpa pernah mengekslor genre lain. Pun pada beberapa novel settingnya bukanlah setting Indonesia. Karena itu Eve ingin membuat novel LGBT yang benar-benar bersetting di Indonesia juga bertema khas Indonesia.

Saat melihat tweet Eve tentang keinginannya tersebut, awalnya Yuu hanya menanggapi dengan ucapan menyemangati, namun akhirnya digeret juga oleh Eve, mengajaknya berkolaborasi. Mulanya Pencarian hanyalah novella kolaborasi yang akan disertakan bersama satu novella Eve dan satu novella Yuu dalam buku bersifat antologi. Kenyataannya, saat mulai membicarakan masalah plotnya, Pencarian berkembang bukan hanya menjadi sebuah novella tapi benar-benar sebuah novel utuh! Perkembangan plot Pencarian tidak berhenti sampai di situ saja. Saat tengah riset literatur, di tengah omongan ringan, tiba-tiba Eve melontarkan sebuah kata yang pada akhirnya ditanggapi oleh Yuu dengan meminta kata tersebut untuk dikembangkan menjadi sekuel. Dan berikutnya Yuu menemukan sebuah kata lagi di literatur referensinya, lalu voila! Trilogi Pencarian tercipta!

Begitulah, akhirnya Pencarian berkembang dari ide novella menjadi sebuah trilogi. Dan setengah tahun kemudian akhirnya ide itu menjelma secara serius dalam blog ini. Kami berharap ketiga buku yang kami rencanakan ini bisa terbit secara lengkap tanpa ada halangan yang berarti.

Sekian penjelasan singkat mengenai asal-usul terjadinya proyek ini! Selamat berselancar di blog kami!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s