A Little Disclaimer

Bagi pembaca setia Trilogi Keris Tiga Naga yang telah mendapatkan paket pre-ordernya, pasti mendapatkan sebuah notes kecil berisi puisi yang ditulis oleh Aga Adiwangsa.

Banyak yang menyukai notes kecil bin sederhana yang kami berikan sebagai hints utama untuk buku ketiga, Pencapaian. Namun, ada beberapa hal yang harus kami luruskan mengenai notes tersebut.

 

Pertama, notes tersebut bukanlah hasil karangan Aga. Bagi yang telah membaca preview Pencapaian pasti menyadari bahwa dalam cerita Aga disebutkan menyalin puisi-puisi yang dia suka dari internet ke dalam notes-notes kecil untuk dijadikan kolase. Jadi, ya, notes berisi puisi itu pun bukan asli buatan Aga, dan dengan kata lain, bukan hasil karya Yuu maupun Eve.

Kedua, puisi itu dicatut dari salah satu pujangga dunia maya favorit Yuu, Michelle K., yang berjudul “the homesickness that kills” dari tumblr-nya (dari situ juga Aga mendapatkan puisi tersebut hehe). Puisi-puisi Michelle K. banyak berkisah mengenai moving on, perjuangan hidup, perkosaan, dan bagaimana cara kembali mencintai. Ada kemungkinan dia juga memiliki mental illness yang sama seperti Aga, karena itu puisi-puisinya terasa personal dan “Aga banget” bagi kami.

Kenapa disclaimer ini tidak dicantumkan di notes?

Pertimbangannya adalah unsur realisme dari notes tersebut. Seperti yang kalian tahu, notes tersebut dibuat semirip mungkin dengan kondisi notes yang dipegang oleh Wara–dan kemudian Tosan. Notes yang didapatkan oleh setiap pembaca yang melakukan pre-order adalah bentuk “realisasi” salinan notes bukti yang disimpan Tosan di kepolisian. Untuk mencapai kesan itulah maka akan mustahil untuk bisa membubuhkan disclaimer di dalam kertas notes tersebut.

Ke depannya, di buku ketiga nanti, disclaimer mengenai puisi tersebut akan dicantumkan secara patut di footnotes, karena puisi itu nantinya akan dimasukkan ke dalam naskah. Untuk sekarang, kami tidak ingin mengganggu pengalaman pembaca memaknai notes Aga dengan memberikan disclaimer di dalam notes, namun harap dipahami bahwa puisi tersebut sepenuhnya bukan karya kami.

516vem+N-lL._SY344_BO1,204,203,200_

Tahun lalu Michelle K. juga mengumpulkan puisi-puisinya yang paling populer ke dalam antologi puisi, No Competition Between Flowers. It’s a bit pricey, but if you love Aga’s notes, you’ll want this book. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s